Panduan Lengkap Berbisnis Web Hosting untuk Pemula

Di balik berkembangnya dunia digital saat ini, tersembunyi bisnis web hosting yang menggerakannya. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis web hosting telah menghidupkan berjuta-juta hingga bermiliar website di seluruh dunia.

Bagi yang awam dengan bisnis web hosting menganggap bahwa bisnis ini adalah bisnis yang sulit. Realita di lapangan, untuk menjalan bisnis ini Anda hanya perlu membangun branding dan mencari klien.

Untuk hal teknis, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menyerahkan pengelolaan teknisnya ke penyedia server hosting misalnya saja Ardhosting. Ardhosting akan mengatur dan mengelola manajemen dari server website Anda.

Ardhosting menawarkan paket Reseller Cloud NVMe Hosting Indonesia bagi Anda yang ingin berbisnis web hosting. Anda bisa membuat produk hosting dan setup website sesuai kebutuhan pada klien dengan memilih paket tersebut.

Sebagai penyedia paket Reseller Hosting Berbasis Cloud Terbaik, Ardhosting berusaha membantu mengembangkan bisnis web hosting bagi para pemula di bisnis tersebut.

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Web Hosting

Seperti telah dijelaskan pada bagian awal, bisnis web hosting bukanlah bisnis yang sulit. Hanya dengan beberapa langkah di bawah ini, Anda akan mampu membayangkan betapa mudahnya membangun bisnis web hosting.

5 langkah mudah memulai bisnis web hosting tersebut akan dijelaskan pada penjelasan berikutnya.

1. Menentukan Sasaran

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai segala bentuk bisnis adalah memilih dan menentukan target pasar atau calon klien.

Sesuaikan target Anda dengan fasilitas atau fitur yang Anda miliki. Misalnya target pasar Anda adalah toko online. Fasilitas yang harus Anda penuhi adalah disk space dan RAM yang berkapasitas besar. tujuannya adalah sebagai tempat menyimpan foto atau data katalog produk, data pengguna, dan aktivitas toko online.

Menentukan sasaran atau target pasar juga berhubungan langsung dengan langkah yang kedua yakni pemilihan partner hosting.

2. Memilih Partner Hosting Terbaik

Dalam memilih partner hosting terbaik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari tingkat keamanan, kecepatan, fitur, hingga kualitas data center.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Ardhosting menawarkan paket Reseller Cloud NVMe Hosting yang dirancang khusus dengan teknologi yang canggih. Fitur dan fasilitas yang ditawarkan jauh lebih unggul dibandingkan reseller hosting pada umumnya.

Kecepatan kinerjanya 30x lipat lebih kencang dibandingkan dengan hosting pada umumnya dengan dukungan dari SSD NVMe. Paket yang ditawarkan juga dilengkapi dengan fitur lengkap dan serba unlimited.

3. Mempertimbangkan Fasilitas Partner Hosting

Sebagai reseller yang berkecimpung di bisnis web hosting, fasilitas yang diberikan oleh partner hosting sangatlah penting. Anda harus mengetahui dengan rinci bahwa partner hosting Anda memiliki fasilitas terbaik.

Ardhosting memiliki server dengan hardware yang telah dioptimalkan. Sehingga, kecepatan transfer data dari server Ardhosting bisa mencapai 6x lipat lebih cepat dari SSD. Hal itu setara dengan 30x lipat lebih cepat dibanding HDD biasa.

4. Mempertimbangkan Modal dan Harga

Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki modal namun ingin memulai bisnis web hosting. Anda bisa mencari partner reseller hosting yang membebaskan Anda dari segala biaya.

Untuk harga jual website, Anda bisa menawarkan harga terjangkau bagi para klien. Harga terjangkau tersebut bisa dicapai jika Anda mampu memilih partner hosting yang memberikan harga lebih rendah dari harga pasaran.

5. Membangun Branding Bisnis

Branding bisnis sangat perlu diperhatikan untuk meyakinkan para klien. Klien akan lebih percaya kepada para penyedia layanan hosting yang memiliki logo, penghitungan pemesanan (billing order), hingga klien area tersendiri.

Klien akan merasa curiga apabila Anda sebagai penyedia web hosting namun menggunakan logo dari penyedia hosting lainnya. Anda harus membantun brand bisnis Anda sendiri dengan baik. Dengan begitu, klien akan lebih percaya untuk menggunakan jasa Anda.

Nah, demikian tadi panduan lengkap untuk para pemula yang ingin berbisnis di bidang web hosting.